Jumat, 06 Mei 2011

PED1st - PyS60 IDE Fixed For S60 1stED


Hooaaahhhh,,.... development dari hape ? yeahhh,... emang uda jamanya. Developing di terminal, di cafe, di halte dan bahkan di toilet! Salah satu bahasa pemrograman yang populer pada ponsel-ponsel Symbian adalah Python For S60. Interpreter Python yang sudah dari beberapa tahun lalu berhasil di port ke ponsel Symbian dan sekarang, sudah tidak asing lagi aplikasi-aplikasi yang berbasiskan Python pada ponsel Symbian.




Dan bagi pengguna Symbian lawas, telah tersedia juga IDE yang bisa digunakan untuk mempermudah development. Namanya PED-S60. Python IDE yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Python juga. Tapi sayangnya, minimal sistem yang didukung adalah S60 2ndED. Hemm,... sebuah kabar buruk bagi pengguna ponsel yang lebih lawas lagi bukan ?

Ea, aku juga sempet berpikir itu. Tapi setelah browsing-browsing, ternyata sudah ada yang melakukan fix pada PED-S60 hingga pengguna ponsel-ponsel lawas seperti N-GAGE juga bisa memiliki IDE Python di ponselnya, ^^


Fungsi-fungsinya juga berjalan normal saat aku coba



Fasilitas auto-indent yang mempermudah saat penulisan program hingga mempercepat proses pengembangan aplikasi. Program yang sedang ditulis juga bisa langsung dijalankan.




Dan tentu saja, masih banyak lagi fasilitas yang disediakan seperti pencarian fungsi, pencarian doc string dan beberapa yang gak disebutkan.








Jika berminat, silahkan ambil PED-S60 1stED disini.
Pengguna S60 2nd dan 3rd ambil disini.

Have fun, ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar