Selasa, 26 April 2011

HTML Reader Untuk Symbian S60 1st dan 2nd

Dari dulu banget aku udah nyari-nyari aplikasi HTML Reader untuk ponsel Symbian-ku tapi gak ada hasil.. :( . Wah,... sampe hampir putus asa. Udah berbagai macam kata kunci yang aku berikan pada form pencarian Google. Blank. Semuanya hanya untuk Symbian S60 v3 ke-atas. Rada kecewa, tapi mo apa lagi, namanya juga ponsel jadul,.. huufffttttt,... :( . Dan selang beberapa lama (sambil terus pura-pura pusing), akhirnya bisa juga baca e-book dengan format HTML di ponsel Symbian 2nd-ku,.. HORE,.... ^^




Ehem, hem,.. kenapa HTML ? Kenapa ya ? Karena HTML hanyalah sebuah dokumen teks biasa. Jadi untuk menterjemahkan tiap-tiap tag-nya gak terlalu menghabiskan banyak memori. Jadi hape juga gak terlalu lemot. Heheheheh,.. :P . Dan,.... sebenarnya ini bukanlah sebuah aplikasi HTML Reader, tapi hanyalah sebuah browser. Netfront dan Opera (bukan Opera Mini). Yang bisa dimanfaatkan fasilitas open-file-nya, ;)

Oke, Netfront dan Opera. Kedua browser ini mempunyai karakteristik yang berbeda. Jadi, kalau ingin menggunakanya sebagai HTML Reader, cara yang digunakan juga berbeda. Mari kita bahas dari Netfront terlebih dahulu.

**Pada tulisan ini, versi Netfront yang digunakan adalah versi 3.3.2

Buka Netfront browser, dan pilih Options -> Open -> File
Options -> File
Kemudian gunakan tombol navigasi untuk mencari dimana file *.HTML disimpan
Pilih File
Pilih Select atau tekan joystick OK untuk membukanya

Tampilan Halaman HTML

Setelah file HTML terbuka, pilih Options -> Navigation -> Add Bookmark

Add Bookmark
Tekan Close pada softkey kanan untuk menutup halaman. OK lagi saat ada konfirmasi.

Konfirmasi
Sampai disini proses telah selesai, :) . File HTML kita sudah dapat diakses melalui halaman depan Netfront.

Bookmark HTML Local
Sangat sederhana bukan ? Kita juga bisa membuatkan kategori untuk tiap-tiap topiknya dengan cara membuat direktori baru pada Bookmark. Pilih Options -> Bookmark -> Add Folder. Isikan nama direktori yang akan kita buat dan tekan OK.

Add Kategori
Mengisikan Nama Folder
Kemudian sorot bookmark yang ingin dimasukan dalam kategori, pilih Options -> Bookmark -> Move to folder

Move To Folder
Pilih direktori dan tekan OK untuk memulai memindah

Pilih Folder
Koleksi eBook HTML
Sekian dulu untuk tulisan kali ini. Selanjutnya akan diposting untuk penggunaan Opera sebagai HTML Reader pada S60 1st (Nokia N-GAGE QD). Bagi yang belum memiliki Netfront 3 (S60 2nd), silahkan unduh disini, :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar