Selasa, 26 April 2011

HTML Reader Untuk S60 1st dan 2nd (Bagian 2)

Setelah kemaren dibahas tentang pemanfaatan Netfront3 sebagai reader ebook HTML pada ponsel S60 2nd, sekarang nih saatnya untuk ponsel S60 1st juga unjuk gigi tapi dengan browser yang berbeda tentunya ;)

Untuk ponsel-ponsel Symbian S60 1st (pada kasus ini menggunakan Nokia N-GAGE QD), digunakan Opera (bukan Opera Mini) browser sebagai readernya. Versi yang digunakan adalah v6.20.

Opera v6.20 S60 1st




Pada tulisan yang kemaren, kita bisa memanfaatkan opsi Open File pada Netfront3. Tapi pada Opera, opsi ini tidak ada. Jadi kita manfaatkan protocol localhost yang didukung oleh Opera v6.20 ini dengan mengetikan langsung lokasi file HTML yang dimaksud.

Pada halaman depan Opera, pilih Options -> Open -> Web Page atau langsung saja tekan tombol 1. Kemudian masukan saja lokasi drive untuk mendapatkan tampilan "index off" (index direktori). Misal untuk drive E:\, masukan saja url file:///e:/ seperti gambar dibawah.

Open Web Page

Localhost
Tekan OK dan kita akan mendapatkan tampilan "index off" seperti browser browser PC.

Directory - index of
Disini kita mendapatkan listing dari isi direktori E:\. Seperti saat menggunakan aplikasi file explorer, cari file yang dimaksud dengan mengklik link-link direktori.

Directory - index of

Cari Table Of Content atau Index nya karena digunaka sebagai startup ebook. Klik enter. Setelah terbuka, pilih Options -> Navigation -> Add bookmark

Table Of Content - HTML eBook
Add Bookmark
Langsung saja. Masuk ke halaman Bookmark. Options -> Open -> Bookmarks atau dengan meng-klik tombol 2

Opera Bookmark
Disini, kita bisa membuat kategori untuk tiap bookmark yang ada seperti yang bisa dilakukan pada Netfront3.

Add Bookmark Folder
Define Bookmark Folder Name
Kemudian tinggal memindahkan saja bookmark kita sesuai dengan kategori :)

Move To Folder
Select Bookmark Folder Name
Yah,.... begitulah :)
Hanya dengan cara sederhana itu, kita sudah bisa memiliki aplikasi multifungsi. Internet browser dan HTML Reader. Heheheheh,... :D






Download Opera 6.20 (S60 1st) disini.

Have fun,.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar